Rabu, 19 Juni 2013

mBolang : Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan Magelang

2 Januari 2011

Ini salah satu perjalanan ku dan kawan-kawan, Pos Pengamatan gunung Merapi yang berada di Babadan. Magelang. Ya, 3 bulan setelah erupsi besar merapi bulan Oktober-November 2010. Aku dan kawan2 ku akhirnya memutuskan untuk jalan2 melihat bagaimana keadaan di daerah Magelang.  Tiga bulan setelah erupsi situasi sebenarnya masih belum kondusif, sarana dan prasarana masih banyak yang rusak.

Perjalanan ketika melintasi jl. magelang di kaawasan kaliputih pun agak terhambat, karena limpasan material banjir lahar hujan yang menutupi permukaan jalan belum selesai di bersihkan. Apalagi ketika sudah memasuki jalur ke arah Talun, jalan sempit dan aspal yang rusak berat membuat perjalanan ini menjadi tidak bisa cepat.

Kami berangkat bertiga, cuaca cukup dingin karena hujan masih sering mengguyur. Jalan yang rusak dan menanjak dan disamping itu kami juga tidak tahu arah menuju Babadan sebenarnya. Jadi kami hanya mengandalkan petunjuk yang kami dapat melalui internet, rambu-rambu petunjut arah yang ada, dan beberaoa kali bertanya pada orang setempat yang kami temui. Jalan banyak yang menanjak, tapi akhirnya sampai juga walaupun dengan kekuatan Honda Karisma tahun 2004 yang setia menemani penjelajahanku ini.

Agak lupa lama perjalanan yang kami tempuh untuk menuju ke pos Babadan ini. Tapi akhirnya kami sampai juga di pos pengamatan yang berada pada ketinggian 1278 mdpl ini. Masih setengah dari ketinggian merapi yang mencapai sekitar 2900an mdpl.




Perjalanan yang cukup berat itu akhirnya terpuaskan, karena bisa menemukan target tujuan perjalanan ini. Walaupun sedikit kecewa juga karena ketika sampai di lokasi ternyata puncak Merapi sedang tertutup mendung. Tapi wajar juga sih, karena waktu itu masih musih hujan.
Berikut ini foto-foto di kawasan Pos Pengamatan Gunung Merapi Babadan.
1. Foto Pos Babadan

2. Saya dan Kawan-kawan




Maaf kalau kualitas gambar kurang bagus, karena pakai hape jadul...


Salam
Boed@062013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar